CERITA KITA

Malam minggu adalah malam yang panjang kata sebagian orang. Menurut aku ga kali ya. Perasaan…..masih menjalini jumlah jam yang sama. Kebiasaan malam mingguku cuma di rumah bersama teman kosan.
Tapi malam minggu ini (29/11 2008) aku dan teman-teman Ganto begadang di sekre nungguin teman-teman LPM dari Riau yang mau berkunjung ke SKK GANTO UNP. Katanya mereka akan nyampe di GANTO jam
04.00 dini hari, jadi kami memutuskan untuk nginap di GANTO. Nginap di GANTO cuma istilah ato cuma sekedar sebutan saja. Soalnya yang katanya nginap di GANTO jarang sekali yang akan tidur ato
merebahkan punggungnya ke bumi. Ada banyak hal yang di lakukan kru. Diskusi, ngetik berita, curhat, bikin tugas kuliah dan kayak aku ini nich, ngenet. Ngenet mpe pagi, waduh…. asyik……
Buat yang sempat baca tulisan ini nich, aku punya produk (he….)
di baca ya….
produk ini merupakan diskusi aku dengan teman YM. Dalam suasana penantian LPM Aklamasi aku terlarut dalam diskusi ini…..
SELAMAT MENCOBA…!!!
eh salah, SELAMAT MEMBACA!!!

roha : hi
uul : hi
uul : dari mana
roha : dari kota,,,beli sesuatu
uul : apa t
roha : beli alat dekorasi
uul : dekorasi apa?
roha : dekorasi untuk acara besok
uul : mang ngadain acara apa
roha : aku kan kristen,,,besok hari pertama persiapan natal
uul : mang harus hari besok ya??

(terhenti beberapa saat)

roha : sory telat,,aku gi ngetik juga nih
uul : ga papa
uul : aku juga lagi ada kerjaan
uul : eh, ditentuin gitu ya, berapa lama waktu persiapannya
roha : 40 hai
roha : hari mkasudnya
uul : ya itu
uul : 40 hari
roha : iya,,,,
uul : dalam persiapan itu apa ja yang mang harus dipersiapkan
roha : ga ada yang istimewah si fi,,,cuman persiapan hati aja,,dn tanda tanda lahiriah seperti tulisan
uul : tulisan seperti apa?
roha : banyak,,misalnya ,siapakan hatimu untuk Tuhan?
roha : hanya untuk mengingat aja,,,
uul : kalo masalah sinterclas itu apa benar ada?
uul : sejak kamu kecil kan dah banyak ngejalani natal
uul : apa ada didatangi sinterclas??
roha : itu termasuk dalam legenda,,,atau cerita rakyat italia selatan
uul : oo….
uul : cerita dari itali selatan??!!
roha : iya,,itu untuk menghibur anak-anak dan sekaligus mengundang para orang dewasa untuk selalu membagi kasih bukan hanya dalam berupa barang tapi juga dalam bentuk perahatian,,bagi banyak orang,,,
roha : sinterclas itu seperti di film yang suka bagi bagi kado buat anak2
uul : bagi kamu makna natal itu apa
roha : natal itu kan kelahiran,,,aku dilahirkan kembali artinya menjadi baru dalam hidup,,terutama dalam tingkah laku,,,
uul : bolah dikatakan kembali ke dalam keadaan suci seperti baru lahir dari rahim ibu?
roha : ya gitulah,,bisa dibayangkan sebagai anak yang baru dilahirkan,,,masuk pada suatu dunia yang baru,,,,
uul : apa setelah natal itu keyakinan bagi orang kristen dosa itu telah diampuni?
roha : bagi kami,,pengampunan dosa itu terjadi dari peristiwa kematian Yesus, yesus yang menebus dosa manusia lewat penyerahan dirinya yang total sampai mati
uul : jadi beda natal itu dengan pengampunan dosa?
uul : maaf aku banyak tanya
roha : iya,,beda,,,ga apa2 aku suka juga orang bertanya,,,
uul : bagus lah
uul : brarti ga bosan kan
roha : ga sih,,,,soalnya aku juga suka tanya tuh
uul : eh ya, kalo muslim kan ada puasanya selama sebulan baru hari raya
uul : kalo kristen ada juga g
roha : ada juga bulan puasa khusus bagi orang katolik,,,sebulan, sebelum paskah,,,
roha : biasanya mulai bulan februari sampai april
uul : paskah itu apa
roha : paskah itu hari raya kebangkitan Kristus
uul : dalam Islam orangnya disebut muslim
uul : dalam kristen disebut apa?
roha : orang kristen katolik
roha : kristen itu ada dua, katolik dan protestan,
uul : kan juga ada protestan
uul : sebutannya apa
roha : kristen,,berarti,,sama percaya kepada Yesus Kristus
uul : menurut km percaya itu apa?
roha : percaya mengandaikan ada sesuatu yang mendorong kita kepadanya,,,dalam kehidupan sehari hari kata percaya berarti,,kita menaruh seluruh diri kita kepada seseo$rang,,, dalam relasi dengan tuhan,,kita melihatnya sebagai pribadi yang tahu segalanya diri kita
roha : dan percaya itu ditopang oleh sebuah relasi interpersonnel
uul : kalo bagi kami, percaya itu berarti menyakini dengan hati, mengucapkannya dengan lidah dan melakukannya dengan anggota tubuh
roha : oh gitu,,, kamu juga melakukan seperti itu,,dan itu sebagai konsekwensi aktuel atau realisasi dari sebuah relasi
uul : menurut kamu kenapa kita harus percaya
roha : meneurut saya,,tidak harus kita percaya,, percaya itu merupakan suatu keputusan yang mengalami sesuatu dalam hidupnya
roha : manusia pada hakekatnya itu kan bebas,,,,
uul : bebasnya bukan berati tanpa ikatan kan?
roha : iy……
roha : maksudnya iya,,,karena bebasnya kita dibatasi oleh kebebasan orang lain,,itu menurut emauel kant,,dan kebebasan mutlak itu tidak ada
roha : kalo saya bilang manusia itu bebas, itu berarti bahwa manusia itu punya hak untuk bisa memutuskan apa yang terbaik bagi hidupnya, dirinya,,bukan begitu fi?
uul : ya
uul : tapi kadang kebebasan ini disalah gunakan buat nyakitin bagian yang lain
roha : maka dalam hal ini,,,percaya itu adalah sebuah keputusan yang dasarnya dari hati nurani,,,,
uul : ya, saat seseorang menyatakan dia percaya tapi bagaimana dengan hatinya. Bagi orang yang tetap berada pada lingkaran yang menyakitkan
roha : itu kebebasan yang keliru,,kalo diawali dengan “salahguna” itu kebebasan yang keliru dan tidak pada tempatnya
roha : kalo orang percaya dengan mulut tanpa menyertakan hatinya,,,itu berati manis di bibir,,hanya meninginkan pengakuan semu,,,,
uul : tapi selama ini memang pengakuan yang dicari seseorang
roha : iman itu seperti kamu katakan,,yaitu percaya dengan mulut, percaya dengan hati dan mengungkapkan dengan tubuh,,,gua setuju dengan konsep iman kamu
roha : ya sayangnya yang terjadi seperti itu,,,,tapi ralitanya kan itu,,,,
uul : bagaimana dengan realitanya??
uul : ya ttg kamu maksud
roha : orang masih dalam kungkungan identitas,,belum menyentuh harkatnya yang terdalam dari iman
uul : maksud kamu
roha : maksudnya,,,,orang hanya mengakui tanpa menghayati imanya,,,hanya terpengaruh oleh desakan identitas,pandangan orang sekitar,,,
roha : jadi dia tidak bisa menjadi dirinya sendiri,,,,il ne devient pas lui-même!
uul : bhs mana tuh
roha : he does not become him self
uul : oo
roha : bahasa prancis,,,,,sory keluar dengan spontan
uul : jadi iman yang hanya diakui dengan lidah tanpa hati hanya menjadi sesuatu yang hampa
roha : setujjjuuuuuu!!!!
uul : wew
roha : di agama katolik,saya,,iman tanpa perbuatan itu adalah iman yang mati!
uul : kalo bagi kami, iman tanpa pengakuan dari hati sama dengan munafik
uul : tau munafik
roha : tahu lah,,hypokrit kan?
uul : mmm…………..
roha : kamu dalam sekali pemikiranmu,,salut deh,,,,,
uul : ih jd malu
uul : aku org yg kurang suka kalo d puji
roha : aku juga senang bisa berbagi kok!
uul : bagus lah
roha : apa yang kamu percaya dan aku percaya
roha : kamu sendiri ya di situ?
uul : saat kamu berbagi kamu tidak akan mengalami kekurangan. tapi saat kamu berbagi sesuatu itu akan bertambah dan melimpah
uul : salah satunya ilmu
uul : salah satunya ilmu
roha : duuuu,,,jadi teraru gue,,,,,benar juga sih!!!
uul : yang YM cuma sendiri
uul : yang lain jg sibuk dengan laptonya masing-masing
uul : mang kenapa
roha : oh gitu,,,,,
roha : ya memang udah maju tuh indo,,,,
uul : harus
roha : ya,,salut deh buat kalian yang tinggal di indo
uul : makanya jgn tinggalin indo
uul : apa lagi ngelupainnya
roha : habis ga ada yang minta aku untuk tinggal,,,makanya gue cabut,,,,ah bercanda fi!
uul : ya..meskipun ga tinggal di nusantara, cinta tetap dunk buat negeri tercinta
roha : itu pastiiiiii dong,,,,tanah tumpah darah itu ga bisa dilupakan,,,,,
uul : saat kamu bekerja di sana, apa yang kamu pikirkan tentang indonesia terutama NTT
roha : kangen bo,,,makanan, air, iklim, keluarga, teman-teman,,,,teman2 semasa kulaih,,pokoknya deh,,,pingin pulang, tapi profesi!!!!
roha : dah ngantuk ya fi?
uul : belum
uul : seperti kemarin, mngkin ga tidur
uul : eh ya
uul : jam barapa di sana sekarang
roha : oh gitu, jam 18,20 sore
uul : di sini dah 00.20
roha : iya bedanaya 6 jam
uul : ga da kerjaan
roha : tapi ini kan malam minggu ya
uul : iya malam mnggu
uul : mang kenapa
roha : nggak ada,,,,
uul : bagi ku malam minggu dengan malam yang lain sama saja
uul : malamnya masih nunggu sampai pagi
roha : betul juga sih,,,,emang gak ada bedanya,,hanya karena orang sering melihatnya sebagai malam yang panjang dan banyak aktivitas santai karena minggunya libur
roha : kamu di sekertariat kampus ya?
uul : iya
uul : knp
roha : nggak pa2 aku pikir dah di kost
uul : kalo di kos susah koneksi ke internetnya
roha : oh gitu,,,
roha : masih rameh gak kalo jam segini di situ
uul : kalo di sekre aku masih rame
uul : tapi sekre lain dah pada pulang dari jam 21.00
uul : soalnya aktifitas kampus hanya diijinkan mpe jam 21.00
uul : kecuali bagi yang sudah minta ijin ma satpam
roha : oh gitu,,,kalo ingat padang,,aku ingat satennya,,fi
uul : enak ya…
uul : selain dari sate, makanan padang apa lagi yang pernah coba
roha : enak banget,,,jadi lapar nih
uul : sama
uul : juga jadi laper
roha : wah banyak,,,,tapi aku dah lupa namanya
uul : mang dah makan?
roha : kalo ke padang sering makanlah,,,,
uul : tapi pedaskan??
uul : makannan di sini maksud ku
roha : itulah,,,pedas banget,,tapi lama2 ngak pedas
uul : namanya juga karena terbiasa
roha : iya betuljuga ya,,,
uul : kalo makanan di kamerun gimana?
uul : pedas?
uul : manis2
uul : ato asi n
uul : ato pahit??
roha : ada yang manis juga
roha : tempatmu jauh dari kantor gubernur ya
uul : kira-kira 5 mpe 7 km
uul : knp
uul : pernah ke kantor gubernur?
roha : sering lewat, aku dulu tinggalnya di belakang itu
uul : oo….
uul : tinggal ngontrak ato tempat teman
roha : sedang apa nih kamu di sekertariat,,ada kegiatan apa tuh
roha : tempat teman
uul : kemarin kan ada tamu dari pelambang, ntar lagi kira-kira jam 04.00, teman pers mau dtang dari pekan baru (riau). Mereka dari LPM AKLAMASI. Jadi kami membuat sedikit penyambutan di sekre
roha : oh gitu,,rameh dong jadinya disitu
uul : untuk 3 mpe 4 hari rame lah…
roha : oh itu,,kamu seksi apa fi?
uul : aku bendahara umumnya, kepengurusan lalu aku reporter
roha : wohhhh,,itu sibuk banget pastinya,,,,,
uul : tergantung kitanya dalam bagi waktu
roha : iya sih,,,,itu betul
uul : sempat kemaren aku kelelahan karena mungkin terlalu sibuk
uul : mpe aku ninggalin kuliah selama enam hari
roha : duh,,sayang banget tuh,,fi,,,artinya kamu aktiv banget ya buat kegiatan kampus
uul : bagiku aktif di kampus dalam artian kegiatan yang positif berarti aku udah mengabdi untuk negara (bener g sich…??)
uul : aku merasa belum memberikan apa-apa untukNYA
roha : ya itulah dia fi,,gua setuju banget tuh,,,,yang pasti kegitan positif itu bermanfaat untuk kita sendiri,sebuah ajang yang membantu kita untuk belajar banyak hal
uul : yang kita memang bisa belajar dari hal apapun
roha : itulah fi,,,ini lah kesempatannya untuk belajar banyak hal,,,,
uul : tapi kadang malas jadi kendala bagi ku
roha : semua orang bisa jatuh dalam hal itu,,,ya itu normal

(THE END)

Tinggalkan Balasan

