hAkiM teRBaiK

palu-hakimSetiap manusia adalah hakim terbaik, setidak-tidaknya buat dirinya sendiri. Karena manusia mampu memutuskan apa yang terbaik bagi diri sendiri dan bagi kepentingannya sendiri.

Sebagai hakim terbaik bagi diri sendiri maka putuskanlah sesuatu yang baik bagi diri dan kebutuhan diri. Putuskan sesuatu yang bisa mencapai suatu kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Menjalani kehidupan dalam keberlimpahan dan kesederhaan.

Misalnya memutuskan keselarasan dalam kehidupan sehari-hari. Keselarasan berarti suatu pencapaian dalam hidup kita, tentang kepuasan dari dalam diri kita yang kita rasakan sebagai suatu lantunan melodi yang tidak bernada sumbang.

Keselarasan seperti nada yang dimainkan oleh pemain biola. Dia memutuskan tingkat nada dan jeda dengan penuh perasaan, sehingga pemain biola ini dapat menghasilkan nada-nada yang enak didengar. Yang membuat kebanyakan orang terpaku mendengar lantunan nada yang selaras dan tidak sumbang itu.

Pemain biola sering kita pandang sebagai orang yang berjiwa music dan menjunjung tinggi nilai-nilai seni. Karena dengan gesekan pemain biola, dia mampu mengubah getaran dawai-dawai menjadi nada yang menggetarkan. Nada-nada yang menggetarkan itu tidak digesek dengan dengan sembarang, tapi dengan petikan tingkat nada dan jeda yang dipilihnya.

Begitu pula dengan kehidupan ini. Kita juga dituntut memainkan nada yang menyelaraskan kehidupan kita. Menyeimbangkan tuntutan pekerjaan dengan tuntutan keluarga, tuntutan teman dengan tuntutan diri sendiri, tuntutan organisasi dengan tuntutan kuliah atau tuntutan kegiatan dengan istirahat. Ini adalah tuntutan-tuntutan besar dalam kehidupan kita untuk mencapai keselarasan. Dengan memilih tuntutan dan jeda yang tepat.

Putuskan kapan saatnya kita akan melakukan sesuatu untuk mencapai keselarasan itu. Kapan saatnya kita sendiri, kapan saatnya kita bersama. Kapan saatnya kita menalani hari dengan keluarg, kapan hari-hari kita untuk diri sendiri. Kapan hari-hari kita untuk kuliah, kapan untuk berorganisasi. Kapan saatnya kita bekerja, kapan saatnya kita istirahat. Atau tentukan kapan saatnya kita memberi dan kapan saat kita harus menerima. Dengan memerhartikan hal-hal kecil itu, berarti kita sedang menuju jalan untuk mencapai keselarasan itu. Dan ingatlah, jangan hilangkankan apa yang paling kita butuhkan pada saat-saat tertentu. Keheningan misalnya, dia sangat kita butuhkan ketika kita lelah dengan kesibukan dan lelah dengan kebisingan.

4 thoughts on “hAkiM teRBaiK

  1. Hakim terbaik pada zaman ini adalah HAKIM BAO yg ada di film Justice Bao…. :D…. ( Becanda Koq )

    Tapi kalau hakim terbaik pada zaman dulu adalah : Nabi Muhammad….

    Tapi saya juga salut dengan Abubakar, dia nampaknya juga merupakan hakim yg baik dan adil….😀

  2. Bao memang seorang hakim dan negarawan terkenal pada jaman Dinasti Song Utara. Karena kejujurannya dia mendapat julukan Bao Qingtian yang berarti Bao si langit biru, sebuah nama pujian bagi pejabat bersih. Musuh-musuhnya menjulukinya Bao Heizi yang artinya si hitam Bao karena warna kulitnya yang gelap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s