Keinginan tanpa tindakan hanya akan menjadi harapan

kado
“Berdo’a saja, semuanya akan baik-baik saja”, itu kata mujarap yang dilemparkannya padaku perihal harapan yang dibicarakannya.
Katanya ada harapan.
Aku disuruh sabar dan menunggu.

Sesaat aku terdiam. Apakah dengan do’a dan kesabaran saja semuanya akan baik-baik saja.
TIDAK!
Ternyata itu belum cukup. Untuk semua itu butuh tindakan, dan keseimbangan antara tindakan dan do’a. Dengan mengandalkan do’a dan kesabaran semuanya memang hanya akan menjadi harapan. Karena harapan itu hanyalah segengam tujuan dan keinginan tanpa ada tindakan. Dan aku tak hanya inginkan harapan itu, yang aku inginkan tujuan dengan tindakan, yang sering disebut orang masa depan.
Masa depan itu pasti datang. Untuk dua belas bulan ke depan aku merancang ulang masa depan yang ingin aku raih menjadi langkah-langkah kecil. Kuharap langkah kecil ini dapat membantuku kelangkah yang lebih besar. Langkah kecil dua belas bulan ke depannya aku tetapkan sebagai kado terindah dihari jadiku. Dengan begitu semoga saja keinginanku tidak hanya akan menjadi harapan, Karena aku akan membubuhinya banyak tindakan dan menutupnya dengan do’a sebelum aku terkelap.
(24 Mei 2009)

3 thoughts on “Keinginan tanpa tindakan hanya akan menjadi harapan

  1. Aku tergantung Prasangka Hamba-KU kepada Ku (ana ‘inda dzonni abdi bii)- Hadist Qudsi.

    inilah daya sinergi kekuatan dahsyat: Kekuatan pikiran positif dipadu dengan perasaan positif dengan ikhlas. selebihnya, tindakan!, adalah pewujud pikiran dan perasaan kita.

Tinggalkan Balasan

