Tags

, ,

blogging-miniBlog istilah yang tidak asing bagi masyarakat era digital, apalagi bagi orang-orang yang berkecimpung dalam kawasan Teknologi Pendidikan. Blog biasanya dimanfaatkan sebagai wadah mempublikasikan tulisan, ide, kreativitas dan lain sebagainya dalam bentuk teks, gambar dan video. Blog menawarkan layanan gratis untuk memfasilitasi siapa saja mempublikasikan hal apa pun yang mereka mau. Keleluasaan berkreasi pada blog dan kemudahan untuk memperbarui konten pada blog, bagi masyarakat teknologi pendidikan dapat dioptimalkan untuk menyelesaikan masalah belajar.

Istilah blog ini digunakan sejak 1997. Pada waktu itu disebut dengan weblog (Blood, 2000), dan Merholz pada tahun 1999 menyingkatnya menjadi blog (Loving, Schroeder, Kang, Shimek dan Herbert, 2007). Sejak saat itu, blog semakin banyak digunakan baik dalam bidang ekonomi, politik, teknologi, budaya, hiburan, hobi, sampai digunakan sebagai catatan harian. Pendidikan juga mengambil posisi dalam optimalisasi penggunaan blog untuk mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan.

Berikut beberapa penerapan blog dalam pembelajaran:

  1. Blog untuk Belajar dan Mengajar: sebuah Pengujian terhadap Pengalaman, Sikap dan Tingkatan Berpikir oleh Kun Li, Niamboue Bado, Jamie Smith dan David Moore (Ohio University – United Stated)
  2. Investigasi Persepsi Calon Guru di Turki terhadap Blog oleh Mehmet Akif Ocak, Sahum Gokcearslan dan Ebru Solmaz (Gazi University – Turkey)
  3. Blogfolio dan Peranannya dalam Pengembangan Proyek Penelitian untuk meningkatkan Literasi Akademik Siswa ESL (English as Second Language) oleh Maria Ananyeva (Indiana University of Pennsylvania)
  4. Reflektif Blogfolio pada Kelas Bahasa: Dampak terhadap Kemampuan Menulis Argumentatif dan Cara Mengetahui Siswa EFL oleh Abdullah Mahmoud Ismial Ammar (Sohag University – Mesir)
  5. Faktor Peserta dan Blog dalam Memprediksi Keaktifan Blogging selama Proses Pembelajaran oleh Piret Luik dan Merle Taimalu (University of Tartu – Estonia)
  6. Blog sebagai e-portfolio dalam Pendidikan Guru: Dukungan dan Keterbatasan Menurut Persepsi Guru-Siswa dan Tampilan e-portfolio oleh Gemma Tur dan Santor Urbina (University of the Balearic Islands – Spain)
  7. Analisis Pembuatan Blog dalam Blended Learning melalui Perspektif Berpikir Reflektif oleh Bulent Dos dan Servet Demir (Zirve University dan Gaziantep University)

Sumber gambar: https://www.websitemagazine.com/blog/47-weblog-directories-portal-amp-platforms diakses tanggal 3 Maret 2017