Tags

, , , ,

Image result for relevant, fresh and creativeKemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni mendorong untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara kontiniu. Sesuai dengan tren saat ini, peluang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka langsung dan secara virtual. Nah, kedua pembelajaran tersebut mesti diselaraskan dengan kemajuan yang ada. Namun pembelajaran sesungguhnya bukan hanya sekedar integrasi kemajuan ke dalam pembelajaran karena yang lebih utama adalah keterlibatan peserta didik dalam proses tersebut.

Bagaimana melibatkan peserta didik dalam pembelajaran langsung ataupun virtual agar mereka memiliki pengalaman belajar? Pendidik yang seperti apa yang dibutuhkan agar peserta didik memiliki pengalaman belajar? Siapa aktor kunci dalam menciptakan suasana belajar yang menantang?

Menurut Kenny (2017) pendidik yang relevan, fresh, dan kreatif menentukan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran yang mengintegrasikan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidik menjadi aktor kunci untuk memfasilitasi peserta didiknya agar memiliki pengalaman belajar.

Relevan, pendidik yang relevan mempengaruhi kualitas pembelajaran karena kompetensi dan keilmuan yang dimilikinya sesuai dengan bidang studi yang diajarkannya. Hal itu mempengaruhi tingkat pemahamannya terhadap tanggung jawabnya sebagai pendidik pada bidang studi tertentu. Pendidik tersebut akan sangat memahami cara terbaik untuk menyampaikan materi tertentu kepada peserta didiknya. Kemungkinan terjadi sebaliknya, pada saat pendidik tidak mengenal betul apa yang menjadi tugasnya dan tidak relevan dengan kompetensi yang dimiliki, menyebabkannya menyelesaikan tugas sekadarnya saja.

Fresh. Fresh bukan berarti berusia relatif muda. Pendidik yang fresh tentu memancarkan semangat terhadap peserta didik dan lingkungan belajarnya. Pendidik ini juga akan selalu mengupayakan suasana yang disuguhkannya juga berbeda dari yang pernah terjadi. Untuk melakukannya, tentu pendidik selalu meningkatkan kompetensinya baik profesional, pedagogi, sosial dan personal. Mereka tentu akan melakukannya baik secara mandiri ataupun terbimbing, baik secara otodidak ataupun melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Kreatif. Memiliki pendidik yang relevan dan fresh tentu saja tidak cukup, endidik juga mesti kreatif. Pendidik kreatif tidak akan pernah mengeluhkan kondisi dan siatuasi lingkungan belajar yang kurang atau bahkan tidak kondusif. Pendidik kreatif akan selalu mencoba menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didiknya. Pendidik kreatif dapat mencari celah untuk menjadikan segala sesuatu yang ada di lingkungan belajar sebagai sumber belajar bagi peserta didiknya.

*Kenny, Jr Richard H. 2017. Three Ways to Engage Students In and Outside the Classroom. http://www.facultyfocus.com/articles/effective-teaching-strategies/three-ways-engage-students/ diakses tanggal 23 Maret 2017

*Sumber gambar: http://www.hongkiat.com/blog/40-fresh-creative-and-inspiring-photographs/ diakses tanggal 23 Maret 2017