Tags

, , ,

Blended learning merupakan inovasi pembelajaran, namun dalam pelaksanaannya menuai masalah yaitu kurang diperhatikannya penyajian pesan pembelajaran baik secara online maupun tatap muka. Prinsip desain pesan pembelajaran kurang diaplikasikan dalam pengembangan materi ajar yang mengakibatkan pembelajaran yang terjadi kurang bermakna. Sehingga mahasiswa belum mampu mengeneralisir pembelajaran, mengkonstruk pengetahuan dan belum menjadi independent learners. Terhadap masalah ini diperlukan sebuah model desain pesan pembelajaran dalam blended learning. Model Kemp, Morrison dan Ross menjadi basis dalam pengembangan model ini. Model tersebut dikembangkan menggunakan ADDIE model dengan mengumpulkan data through observation, interviews, and questionnaires.Hasilnya menunjukkan bahwa perlu ditambahkan langkah analisis kebutuhan, analisis lingkungan dan mendesain pesan untuk digital pada model sebelumnya. Penambahan langkah tersebut menjadikan model desain pesan pembelajaran dalam blended learning menjadi lebih komprehensif untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lifelong learner di abad XXI. Baca Hasil Penelitiannya

Advertisements