Tags

, , ,

Kebutuhan terhadap pembelajaran digital didukung oleh ketersediaan perangkat di digital di sekitar mahasiswa. Digital technology is rapidly becoming an essential part of the daily life of many adults (Children Now, 2007). Jika di sekeliling mahasiswa sudah tersedia berbagai perangkat pembelajaran berbasis digital, maka tuntutannya dosen perlu kreatif dan inovatif merancang kegiatan pembelajaran. Sejauh ini, pelaksanaan pembelajaran digital belum menjadi prioritas dan implementasinya lebih bersifat ad hoc karena berbagai faktor tertentu, sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal.

Meskipun saat ini sedang digadang-gadangkan profesi dan pekerja manusia akan digantikan oleh robot, seperti kasir, tukang pos, staf kredit, dosen melalui online learning, travel agent, teller bank, agen asuransi, tele marketing, pustakawan dan pekerja restoran siap saji. Meskipun dosen juga masuk ke dalam list tersebut,  pada pembelajaran digital peran pendidik tidak akan dapat tergantikan. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online learning sekalipun, siswa dan mahasiswa membutuhkan pendidik untuk merancang pembelajaran (instructional design).  Jadi, implikasinya adalah pendidik perlu secara serius menciptakan pembelajaran ideal dalam lingkungan digital yang kaya dengan interaktivitas. Semakin tinggi interaktivitas mahasiswa dengan sumberdaya pembelajaran, maka semakin baik kualitas pembelajaran tersebut.