Tags

, ,

  1. Model pengembangan merupakan kerangka sistematis untuk menghasilkan produk pengembangan atau produk pembelajaran. Model pembelajaran terdiri dari model Borg and Gall, model 4D, dan model Plomp.
  2. Model pembelajaran merupakan kerangka sistematis untuk mengembangkan pembelajaran. Model pembelajaran terdiri dari 4 kelompok besar, yaitu model pembelajaran sosial, model pembelajaran individual, model pembelajaran perubahan tingkah laku, dan model pembelajaran perolehan konsep. Model-model pembelajaran lainnya berada di bawah empat kelompok payung model ini.
  3. Model desain pembelajaran merupakan kerangka sistematis untuk mengembangkan sistem pembelajaran. Model ini meliputi ASSURE, ADDIE, Dick and Carey, Kemp and Morrison.

Bagaimana posisinya dalam penerapan di lapangan?

Pada saat desainer pembelajaran akan mengembangkan pembelajaran inovatif, langkah pertama yang desainer lakukan adalah menganalisis model pengembangan mana yang akan digunakan untuk mendapatkan sebuah model pembelajaran inovatif. Misalnya dengan memilih model 4D. Pada saat mengembangkan desain pembelajaran, merujuk ke salah satu dari ASSURE, ADDIE, Dick and Carey, Kemp and Morrison. Jika dianalisis lebih jauh, mereka model pengembangan memiliki alur yang sama dengan model desain pembelajaran. Pada saat mengembangkan desain pembelajaran, dapat menggunakan ASSURE, ADDIE, Dick and Carey, Kemp and Morrison atau model Borg and Gall, model 4D, dan model Plomp. Tetapi jika hanya mengembangkan media pembelajaran (produk pembelajaran), model yang direkomendasikan adalah model pengembangan.

Setelah menentukan model pengembangan dan model desain pembelajaran, fokus selanjutnya adalah apa yang menjadi fokus desainer pembelajaran terhadap pembelajaran yang akan dilakukan. Berdasarkan karakteristik materi, ada empat kelompok, yaitu model pembelajaran sosial, model pembelajaran individual, model pembelajaran perubahan tingkah laku, dan model pembelajaran perolehan konsep.