Tags

,

Online learning sangat populer di era digital. namun, meskipun popularitas online learning belum tentu bersinergi dengan keberhasilan hasil belajar siswa. Pendidik perlu merancang aktivitas yang melibatkan siswa secara aktif sepanjang pembelajaran. Berikut beberapa hal yang teridentifikasi yang membuat siswa gagal pada online learning, diantaranya:

  1. Aktivitas online learning tidak realistis dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Setiap aktivitas pembelajaran perlu dikenalkan dan disimulasikan kepada siswa agar mereka memahami alur pembelajaran.
  2. Minimnya kompetensi/ pengetahuan/ pengalaman prasyarat yang dimiliki guru ataupun siswa.
  3. Komunikasi guru yang buruk. Online learning kadang dapat terasa mengisolasi, agar hal itu tidak terjadi guru perlu proaktif terhadap siswa yang ketinggalan dari siswa yang lain.
  4. Materi yang bolak balik, tidak berurutan dari yang konkrit ke yang kompleks. Pelajaran komplek atau yang lebih sulit membuat siswa tidak nyaman dan meninggalkan pembelajaran terutama jika pelajaran yang lebih mudah belum mereka tuntaskan.
  5. Penyajian konten yang kurang menarik juga mengakibatkan siswa meninggalkan kelas
  6. Motivasi siswa yang rendah tidak sama dengan kemalasan. Ada banyak alasan mengapa siswa kehilangan motivasi. Salah satunya beban kerja dan tugas-tugas, kekurangtertarikan siswa dengan media yang digunakan, atau tidak kontekstual dengan langkah pembelajaran.
  7. Gangguan teknologi kadang membuat siswa bahkan guru turun motivasi.

Advertisements