Tags

Pendidik selalu mencari cara baru untuk meningkatkan keterlibatan dan menambahkan warna dan sajian konten pembelajaran. Hal ini sering dapat dicapai dengan menggunakan multimedia pembelajaran untuk menyampaikan konten pembelajaran. Multimedia pembelajaran memberikan tawaran berbagai variasi format video, seperti  animasi, gambar, ilustrasi, klip video, dan klip audio yang tersedia secara stand alone ataupun secara online.

Namun, banyak multimedia pembelajaran yang juga tidak cocok dengan siswa dan tujuan pembelajaran. Ini disebabkan oleh proses desain dan pengembangan belum diikuti sesuai teori pengembangan produk pembelajaran. Dengan memanfaatkan beberapa teknik inovatif, pendidik dapat memodifikasi dan meningkatkan multimedia pembelajaran agar pembelajaran berdampak maksimal.

Oleh sebab itu, perlu perentasan multimedia pembelajaran dengan mempelajari prinsip-prinsip pembelajaran multimedia berbasis penelitian. Prinsip tersebut dapat membantu pendidik memodifikasi dan mengoptimalkan keefektifan multimedia yang akan digunakan dalam pembelajaran. Mayer merekomendasi beberapa prinsip.

…bersambung

Advertisements