Tags

,

Pembelajaran berbasis digital merupakan pembelajaran yang didominasi penggunaan bahan ajar/ konten ajar yang disimpan dalam bentuk digital. Pembelajaran ini perlu dipertimbangkan mengingat generasi #zamannow yang sedang kita hadapi. Mau tidak mau kita harus mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Pada saat hal itu tidak kita lakukan, pembelajaran yang kita selenggarakan terancam ditinggalkan. Meskipun begitu, dalam mendesain pembelajaran berbasis digital, perlu dihindari lima hal berikut ini:

  1. layar yang terlalu padat text. Layar yang terlalu padat teks mengakibatkan gagal fokus bagi pembaca konten ajar. Dari pada memperbanyak teks yang tampil pada screen, sebaiknya kita tingkatkan interaktivitas pembelajaran.
  2. desain dan layout layar yang terkesan berantakan membuat pembaca konten jenuh dan tidak termotivasi menyelesaikan bacaan kontennya. Perhatikan konsistensi antar layar dan gunakan layout yang sederhana.
  3. hindari pemilihan konten (teks, gambar, animasi) yang kurang tepat atau tidak relevan. Modalitas yang sebaiknya digunakan adalah seluruh format media yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
  4. memaksa menyajikan animasi tetapi tidak relevan. Misalnya materi tabel periodik yang disisipi oleh animasi malaikat atau kupu-kupu yang dipenuhi bintang-bintang. Sesuaikan animasi yang disajikan dengan konten ajar.
  5. kurang berurutannya sajian konten sehingga alur belajar juga menjadi tidak terstruktur. Susun konten dari yang mudah ke yang tingkat kesulitan lebih tinggi, atau dari konkrit ke materi abstrak.

Advertisements