Tags

, ,

Semua orang telah terkait dengan teknologi, terutama komputer dan internet. Barangkali 95% manusia di bumi telah menjadikan komputer dan internet sebagai bagian kehidupan sehari-hari mereka. Entah itu untuk belanja, membayar tagihan, memesan liburan, memesan makanan, transportasi online, ataupun berhubungan dengan keluarga dan teman. Internet secara fundamental telah mengubah bagaimana manusia menjalani kehidupannya, terutama dalam hal berkomunikasi.

Teknologi digital seperti komputer dan internet meresap ke dalam kehidupan masyarakat dengan sangat cepat dibandingkan dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Perubahan terjadi sangat cepat. Banyak sekali lembaga pendidikan merasa kesulitan untuk mengikuti perkembangan tersebut. Karena lembaga pendidikan tentu saja menyiapkan generasi yang memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan kehidupan saat ini dan masa depan. Jadi, sebagai pendidik, kita perlu memastikan bahwa siswa kita mempersiapkan dirinya untuk hidup dan bekerja di dunia nyata.

Hal ini bermakna bahwa selain mengajar pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik, pendidik juga perlu mengajar mereka literasi digital agar menjadi lebih efektif di lingkungan kerja masa depan. Pendidik perlu menanamkan kepada peserta didik bagaimana membangun pemahaman sendiri dan relevansinya dengan teknologi.

Teknologi berubah begitu cepat, jadi sebagai pendidik jangan kehilangan fokus pada pemahaman strategi pedagogis yang efektif dan tidak hanya fokus pada teknologi itu sendiri. Pendidik perlu secara terus menerus beradaptasi dengan perubahan apapun yang akan terjadi di masa depan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pendidik adalah mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Adaptasi perkembangan teknologi dalam pembelajaran salah satunya dikenal dengan istilah online learning. Belajar secara online berarti menciptakan lingkungan belajar yang tidak terbatas waktu dan ruang. Beban administrasi bisa sangat efisien melalui penggunaan teknologi digital tertentu.

 

 

 

Advertisements