Tags

, ,

Pergeseran paradigma dalam konteks pendidikan mendukung inovasi pembelajaran, seperti online learning, blended learning, dan mobile learning. Peneliti menerapkan blended learning  dengan menggunakan blog sebagai portofolio untuk mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efek menggunakan blog dalam blended learning untuk meningkatkan keterampilan pemrosesan informasi mahasiswa dalam lingkungan virtual. Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa agar familiar melakukan pencarian, mengumpulkan, mengelola, dan mengkomunikasikan informasi di era digital. Subyek penelitian adalah mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif periode Januari-Juni 2017 di Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, terdiri dari 1) rubrik untuk mengidentifikasi keterampilan memproses informasi, 2) kuesioner untuk menggunakan blogfolio, dan 3) wawancara dipandu tentang keuntungan, tantangan dan hambatan untuk menggunakan blog dalam pembelajaran campuran. Hasilnya menunjukkan bahwa menggunakan blogfolio dapat membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan pemrosesan informasi karena mereka memahami dan mencoba mengikuti langkah-langkah keterampilan tersebut. Selanjutnya, mereka mengaku dengan menggunakan blogfolio dapat meningkatkan motivasi, partisipasi dan memberi kelebihan.

artikel lengkap