Tags

, , ,

Artikel ini merupakan laporan dari tahap perancangan model instrumen penilaian blended learning di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model penilaian yang mengakomodasi ketiga domain pembelajaran, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Model ini penting didesain dan dikembangkan mengingat semakin masifnya penerapan blended learning terutama di perguruan tinggi dan kompleksnya keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa untuk survive di era digital. Desain model mengikuti langkah ADDIE, bahwa desain dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan mengikuti langkah a) conduct a task inventory, b) compose performance objective, c) generative testing strategies, dan d) mempertimbangkan efektif dan efisiensi dari instrumen yang dikembangkan. Hasilnya adalah desain singkat dari model penilaian blended learning. Peneliti menuangkannya dalam bentuk segitiga melibatkan self assessment, peer assessment, and lecturer assessment. Model segitiga tersebut dapat digunakan untuk mengakomodasi tiga ranah pembelajaran dalam penyelenggaraan penilaian blended learning.

Baca Artikel Lengkap

Advertisements