Tags

, , , , ,

Email salah satu komponen penting di era digital. Alamat yang ditanyakan kepada seseorang bukan lagi alamat rumah atau kantor, melainkan alamat email. Pengiriman surat ataupun dokumen dengan cara tradisional sudah beralih ke surat elektronik atau yang lebih dikenal dengan email sehingga alamat rumah tidak dibutuhkan lagi. Berikut ilustrasi yang menggambarkan perbedaan pengiriman surat tradisional dengan email.

Email adalah layanan berkirim pesan berupa teks, foto, dan file lainnya dari pengirim kepada penerima. Namun dalam proses pengiriman tersebut ditemukan kendala-kendala baik dari sisi pengiriman ataupun dari penerima. Setelah membaca artikel 7 Alasan Mengapa Email tidak Terkirim, saya tertarik untuk menulis 6 alasan mengapa email tidak diterima.

  1. Alamat email yang diberikan kepada pengirim salah
  2. Proses pengiriman yang lama. Beberapa server email memproses surat dengan waktu yang lama. Mislanya server email yang mungkin menghabiskan banyak waktu untuk memeriksa email untuk masuk ke spam.
  3. Layanan keamanan “reply-me”. Beberapa pengirim, ketika mengirimkan email dari pengirim yang tidak tidak dikenal, meminta pengirim untuk mengirimkan email dengan konten tertentu. Tujuannya untuk memastikan bahwa itu telah dikirim oleh manusia, bukan robot. Biasanya pada kasus seperti ini, penerima tidak menerima email yang dikirimkan oleh komputer. Misalnya konfirmasi link yang dikirimkan oleh sistem pendaftaran tertentu. Email yang memasang layanan keamanan dapat menerima email dari sistem dengan mengkonfigurasikan email tersebut ke domain pendaftaran yang dimaksud.
  4. Mailbox dan kuota inbox. Penerima tidak dapat menerima email karena inbox/ kotak surat/ surat masuk sudah penuh dan melebih kuota yang disediakan server.
  5. Filter anti spam. Ada kemungkinan bahwa email penerima menggunakan filter email sehingga email masuk dialihkan ke spam. Jika pengirim email sudah memberi tau bahwa email telah dikirim tetapi belum masuk di kotak masuk/inbox, penerima email dapat mencek di spam.
  6. Masalah koneksi internet. Silahkan cek koneksi internet jika email juga masih belum diterima. Masalah koneksi internet dapat bermasalah dari tiga sisi, yaitu koneksi internet pengirim, koneksi internet penerima, dan koneksi internet server penyedia email. Jika koneksi server email bermasalah, penerima bisa saja tidak dapat menerima email dalam jangka waktu yang lama.